Jadah Selo Khas Boyolali Yang Legit

Jadah Selo Khas Boyolali Yang LegitDi dalam pesona dataran tingginya yang menggoda, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah mempunyai kudapan ciri khas yang tidak bisa ditinggalkan.

Bila Anda bertandang ke dataran tinggi Selo, ada kios-kios kecil yang jual oleh-oleh serta makanan ciri khas. Satu diantara yang favorite adalah Jadah ciri khas Selo, Boyolali.

Kudapan memiliki bahan basic beras ketan serta kelapa ini dikonsumsi dengan kelapa parut dengan bumbu rempah ciri khas. Kelapa itu tampak seperti serondeng, namun mempunyai rasa rempah yang berlainan.

Ketan yang telah bercampur kelapa berupa kotak, dibakar diatas tungku arang biasanya, namun ada pula yang telah memakai tungku moderen. Ketan itu dibakar, sampai keluarkan bercak kecoklatan atau sedikit gosong.

Kemudian ditaburi kelapa parut ber bumbu barusan, serta siap untuk disantap. Orang-orang setempat, umum menikmatinya dengan tempe bumbu bacam, atau ayam bumbu kecap jadi sajian makan siang.

KompasTravel pernah mencicipi kudapan itu sesudah capek nikmati macam wisata unik yang berada di selama Selo. Rasa ketan berpadu dengan kelapa nyatanya hasilkan rasa gurih yang cocok.

Dengan struktur legit yang tidak sangat keras serta tidak sangat lembek, jadah pas dikonsumsi anak kecil ataupun dewasa.

Sedang waktu digabung dengan bumbu kelapanya, rasa gurih, pedas, asin, bercampur di mulut. Bumbu kelapa itu serupa dengan bumbu dendeng, dengan didominasi pedas dan gurih rempahnya.

“Ketannya dicuci, di rendam sepanjang tiga jam, digabung kelapa serta garam sebelumnya dikukus dua jam lebih. Bila tidak ahlinya bikinnya sulit, sulit mencari struktur serta kombinasi yang cocok, ” tutur Suti (57), yang disebut generasi ke-2 Jadah Mbah Karto pada KompasTravel, Sabtu (22/4/2017).