Tumpukan Sampah yang Tersangkut di Jembatan Sungai Cisaraya Diangkut

Tumpukan Sampah yang Tersangkut di Jembatan Sungai Cisaraya Diangkut – Sekitar empat ton sampah diangkut di saluran Sungai Cisaraya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa barat. Tumpukan sampah itu andil di jembatan sungai.

Sabtu (17/11/2018), sampah yang didominasi oleh sampah plastik serta akar pohon ini diangkut oleh beberapa ratus masyarakat serta Anggota TNI Bidang 4 Citarum Harum.

Dua armada dump truk pengangkut sampah disediakan oleh Dinas Lingkungan Kabupaten Bandung. Sampah-sampah itu awal mulanya menutup saluran Sungai Cisaraya serta diangkat untuk membuat lancar saluran sungai.

“Sampah dialiran sungai ini tdk pasti, kalaupun tengah banjir kami dapat mengusung 3-4 armada dalam satu hari. Beratnya lebih kurang 4-5 ton satu hari,” kata Kepala UPTD Kebersihan lokasi 3 Ciparay Noor selesai kerjakan pengangkatan sampah.

Pengangkutan sampah ini dilaksanakan manual dengan gotong royong gunakan alat seadanya. Sampah-sampah itu diambil dari saluran air serta dinaikkan ke dump truk.

“Sampah-sampah itu diangkat biar saluran airnya tdk mampet. Sampah dari hulu mampet di jembatan ini,” tangkisnya.

Dia mengatakan sampah itu tdk diangkut dikuatirkan menyebabkan banjir. Banjir itu menggenangi Jalan Raya Laswi Majalaya dengan ketinggian air yang cukuplah dalam.

“Seringkali berlangsung banjir, banjirnya ke jalan. Tempo hari ketinggiannya hingga sampai 60 cm. Sampah di tempat ini bermacam, rata-rata sampah rumah tangga,” tuturnya.

Selesai pengangkatan sampah itu, pihaknya menganjurkan pada penduduk supaya tdk buang sampah asal-asalan.