Tim Pengacara Ahok Ajukan Banding Ke PT DKI Jakarta

Tim Pengacara Ahok Ajukan Banding Ke PT DKI Jakarta – Tim pengacara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengambil gagasan untuk selekasnya pelajari berkas perkara (inzage) berkaitan usaha banding yang diserahkan. Inzage dikerjakan sebelumnya berkas perkara di kirim Pengadilan Negeri Jakarta Utara ke Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta.

” Pengadilan itu harusnya kirim surat ke kita. Kita disuruh untuk mengecek berkas sepanjang 1 minggu, namun belum (ada suratnya). Walaupun belum, kita cobalah aktif menghubungi pengadilan, ” tutur anggota tim pengacara Ahok, I Wayan Sudirta, waktu di konfirmasi detikcom, Sabtu (13/5/2017).

Belum dikirimnya berkas perkara banding Ahok dari PN Jakut ke PT DKI bikin permintaan penangguhan penahanan Ahok belum bisa diolah. Pihak PT DKI menyebutkan menanti berkas itu untuk lalu diputuskan majelis hakim banding Ahok serta mengolah penangguhan penahanan.

” Kita bertanya bagaimana penangguhan penahanan, semestinya dapat tanpa ada berkas. Namun mereka (PT DKI) masih tetap menanti berkas, baru majelis hakim terbentuk. Kita bakal mempercepat berkas ini (supaya diantar). Semestinya kita mengecek, inzage, di pengadilan, kelak kita runding sesama pengacara untuk (pilihan) check di PT DKI yang ditata menurut KUHAP, ” jelas Wayan Sudirta.

Baca juga : Tunggulah Pengacara Ahok, Berkas Banding Belum Di kirim ke PT DKI

Terlebih dulu juru bicara Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi menyebutkan pihaknya menanti kehadiran pemohon banding Ahok. Banding menurut dia diserahkan pengacara Ahok serta jaksa penuntut umum.

” Berkas perkara naik banding telah siap, telah disusun. Semuanya berkas-berkas yang dibutuhkan untuk perkara banding semuanya telah disediakan, yang belum yaitu pemohon banding belum datang untuk inzage, ” kata Hasoloan dihubungi terpisah.

Berkaitan perkara Ahok, majelis hakim yang diketuai Dwiarso Budi Santiarto menyebutkan Ahok dapat dibuktikan bersalah lakukan penodaan agama yang ancaman pidananya ditata dalam Pasal 156a KUHP. Ahok juga divonis 2 th. penjara serta saat ini ditahan di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.