Tanam Kelapa Sawit di Hutan Cagar Biosfer di Riau, 4 Orang Ditangkap

Tanam Kelapa Sawit di Hutan Cagar Biosfer di Riau, 4 Orang Ditangkap – Empat perambah lokasi rimba cagar biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu di Riau diamankan team dari Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan (KLHK). Mereka didapati menanam kelapa sawit di lokasi rimba cagar itu.

“Beberapa bibit sawit ikut baru dihadirkan di tempat. Perambahannya belumlah demikian luas akan tetapi telah kita kerjakan penangkapan,” tutur Kepala Balai Penegakan Hukum (Gakkum) KHLK Lokasi II Sumatera, Eduwar Hutapea alias Edo saat dihubungi wartawan, Jumat (7/12/2018).

Dari empat orang itu, Edo menyebutkan ada seseorang yang didapati sempat diamankan serta diadili. Orang itu dimaksud Edo diadili dalam masalah perebutan tempat tiada izin.

“Iya, dahulu pernah diamankan serta diadili. Tetapi demikian keluar, nyatanya buka lokasi rimba kembali untuk perkebunan sawit,” kata Edo.

Diluar itu, Edo menyebutkan ada 3 alat berat tengah beroperasi yang diketemukan di tempat. Alat berat itu juga langsung dievakuasi.

“Dari 3 alat berat yang beroperasi di lapangan, baru dua yang telah kita amankan ke Pekanbaru. Satu alat berat kembali lagi proses pengungsian. Sebab benar-benar sangat susah medannya,” kata Edo.

Perambah Rimba Menantang dengan Melintangkan Mobil

Edo menyebutkan beberapa perambah rimba itu sudah sempat menantang dengan melintangkan mobil di tubuh jalan. Akan tetapi team KLHK masih dapat tangkap keempatnya.

“Waktu kita amankan alat berat di tempat, mereka lakukan perlawanan lewat cara melintangkan mobil Pajero Sport di dalam tubuh jalan. Dengan keinginan mobil truk yang mengangkat alat berat tidak dapat melintas,” kata Edo.

“Team saat itu tegas, jika mobil Pajero itu tidak didepak, kita akan amankan juga. Tetapi pada akhirnya mereka menggeser mobil itu dari tengah tubuh jalan,” tambah Edo.