Posko Bencana JNE Mataram Di Kantor JNE Mataram Berupaya Menolong Korban Bencana

Posko Bencana JNE Mataram Di Kantor JNE Mataram Berupaya Menolong Korban Bencana – Gempa bumi berkekuatan 7 SR yang menguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat bukan sekedar mengakibatkan kerusakan rumah masyarakat. Gempa juga menyebabkan beberapa ratus orang wafat serta beberapa ribu orang alami luka-luka.

Bencana gempa di Lombok menggugah JNE untuk memberi pertolongan dengan membangun Posko Bencana JNE Mataram di Kantor JNE Mataram, Jl. Amir Hamzah No. 102 Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat. Supaya lebih optimal, JNE membawa penduduk di semua Indonesia untuk memberikan bermacam barang yang dibutuhkan oleh penduduk di Lombok yang terdampak bencana gempa bumi.

” Gempa bumi yang berlangsung di Lombok adalah duka buat semua rakyat Indonesia. JNE mesti sigap dalam menyikapi serta lakukan beberapa langkah untuk menolong penduduk disana, termasuk beberapa karyawan JNE Mataram bersama kerabat dan keluarganya, ” kata Presiden Direktur JNE M. Feriadi dalam keterangannya.

Kantor-kantor cabang JNE di 54 kota di semua Indonesia memberikan peluang untuk penduduk yang ingin memberi pertolongan pada korban gempa tanpa dipakai biaya kirim. Periode pengumpulan barang telah dikerjakan pada 11-19 Agustus 2018.

Ketentuannya, batas maximum berat barang 10 kg per paket. Beberapa type barang yang direferensikan, yakni makanan siap saji, selimut, perlengkapan mandi, obat-obatan, obat antinyamuk, popok, serta pembalut. Pengiriman pertolongan ini tidak laku untuk type barang berbentuk makanan basah, benda yang cepat busuk, serta cairan.

Feriadi mengutarakan, keseluruhan lebih dari 103 ton barang pertolongan penduduk itu diantar dengan gratis oleh JNE. Beberapa barang pertolongan dari penduduk di semua Nusantara, diantar dari 54 kota yang mencakup kantor pusat ingin juga cabang utama JNE.

Semua barang pertolongan ditransitkan di JNE Denpasar. Pimpinan JNE Denpasar Alit S. Wardana juga mempersiapkan 3 armada truk sehari-hari untuk mengirim beberapa barang pertolongan dari beberapa lokasi di Indonesia pada penduduk di Lombok. Lalu barang itu dilanjutkan lewat pelabuhan Padang Bay.

Selain itu, semua karyawan JNE se-Tanah Air juga berinisiatif lakukan penggalangan dana. Nanti, dana yang terkumpul akan dipakai untuk menolong masyarakat yang terdampak gempa di Lombok karena banyak pula karyawan JNE yang ikut jadi korban gempa disana.

Kira-kira 160 orang karyawan JNE Mataram yang menyebar di 69 titik di Lombok Nusa Tenggara Barat, persisnya di kota Mataram s/d tingkat kabupaten ataupun kecamatan jadi korban bencana gempa.

Proses penggalangan dana oleh internal karyawan JNE di semua Nusantara diawali pada 8-20 Agustus 2018. Saat 12 hari pengumpulan dana, terkumpul beberapa uang dengan keseluruhan lebih dari Rp 214 juta. Uang itu langsung disumbangkan pada masyarakat Lombok lewat Posko Bencana JNE disana.

Bukan sekedar itu, cabang-cabang JNE yang ada di Regional Jawa Timur, Bali, NTB, serta NTT juga mengirim relawan. Hal seperti ini dikerjakan untuk menolong proses pendistribusian barang pertolongan ke sejumlah penampungan masyarakat korban bencana gempa bumi di pelosok lokasi Lombok yang susah dijangkau.

” Meskipun proses penggalangan dana oleh karyawan JNE serta barang pertolongan dari penduduk dengan sah sudah ditutup tempo hari, akan tetapi banyaknya masih tetap selalu makin bertambah sampai sekarang ini. Kami begitu berterima kasih pada semua karyawan serta penduduk atas kepedulian, kekeluargaan, kesetiakawanan, dan solidaritas yang tinggi untuk menolong saudara-saudara kita di Lombok, ” tutup Feriadi.