Jokowi Setujui Hibah Dana Untuk Afganistan

Jokowi Setujui Hibah Dana Untuk Afganistan – Pemerintah Indonesia memberi hibah untuk pembangunan klinik kesehatan Indonesia Islamic Center (IIC), di Ahmad Shah Baba Mina, Kabul, Afganistan.

Pengucuran dana hibah itu dikerjakan berdasar pada pertimbangan Pembukaan Undang-Undang Basic 1945, yaitu turut membuat perdamaian dunia.

Hibah itu diberi dalam rencana menguatkan hubungan persahabatan ke-2 negara serta menolong sistem perdamaian dunia dan rekonsiliasi rakyat Afganistan.

Atas basic pertimbangan itu, Presiden Joko Widodo pada 21 Agustus 2017 sudah di tandatangani Ketentuan Presiden (Keppres) Nomor 24 Th. 2017 mengenai Hibah Pemerintah dalam rencana Pembangunan Klinik Kesehatan Indonesia Islamic Centre di Ahmad Shah Baba Mina, Kabul, Afghanistan.

” Mengambil keputusan hibah pemerintah Republik Indonesia pada pemerintah Republik Islam Afganistan sebesar Rp 16, 17 miliar, ” sekian diktum kesatu Keppres Nomor 24 Th. 2017, diambil dari Setkab. go. id, Jumat (25/8/2017).

Dana hibah ini datang dari Aturan Pendapatan serta Berbelanja Negara (APBN), serta dikerjakan dengan akuntabel dan sesuai sama ketentuan yang berlaku di Indonesia serta Afghanistan. Keppres itu mulai berlaku mulai sejak tanggap diputuskan.

Gagasan pembangunan klinik kesehatan terlebih dulu disibak Presiden Joko Widodo selesai terima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

” Pembangunan rumah sakit Indonesia di Afghanistan kelak juga akan menelan cost lebih kurang Rp 16 miliar, ” tutur Jokowi.