Mudik Gratis Di Selengarakan Kementerian Perhubungan Memakai Kapal

Mudik Gratis Di Selengarakan Kementerian Perhubungan Memakai Kapal – Mudik gratis yang diselengarakan Kementerian Perhubungan dengan memakai kapal Ro-Ro diberangkatkan hari itu. Beberapa pemudik telah ada di Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara, mulai sejak pagi hari.

Pantauan detikcom di Terminal Penumpang Dermaga Eks Presiden, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (13/6/2018) beberapa pemudik untuk keberangkatan jam 13. 00 telah ada di tempat mulai sejak jam 09. 00 WIB. Makin siang, beberapa pemudik selalu berdatangan ke tempat.

Beberapa pemudik tampak memarkirkan kendaraanya dibagian samping terminal penumpang ini saat sebelum nanti kendaraan mereka dipindahkan ke kapal Ro-Ro. Sekarang ini, beberapa pemudik tampak tengah duduk di tenda yang disiapkan.

Benny Subanto (25) satu diantara pemudik yang memakai sarana mudik gratis itu mengakui baru pertama kalinya memakai sarana mudik gratis dengan kapal laut.

” Saya dari Jakarta ingin mudik ke Semarang. Kapal kelak keberangkatanya jam 13. 00 WIB siang. Saya datang 09. 00 WIB ya antisipasi saja maka dari itu saya datang pagi, ” kata Benny waktu terlibat perbincangan dengan detikcom di tempat.

Benny menyampaikan baru pertama kalinya mudik dengan kapal serta turut dalam mudik gratis. Ia mengharapkan supaya tahun-tahun selanjutnya terus dikerjakan mudik gratis memakai kapal laut itu.

” Saya kelak dari sini (dari dermaga Eks Presiden Tanjung Priok) ke pelabuhan Tanjung Mas (Semarang). Habis dari situ saya naik motor ke Solo, Saya kampungnya di Solo. Ya Semarang ke Solo jaraknya tidak demikian jauh kan daripada dari Jakarta, ” paparnya.

Seirama dengan Benny, Adi Sucipto (40) mengakui kerap mudik Jakarta-Semarang memakai motor. Sekarang ini Ia pilih mudik memakai sarana yang didapatkan pemerintah yaitu mudik gratis menggunalan kapal Ro-Ro.

” Biasaanya saya mudik naik kereta namun saat belum mempunyai anak juga pernah bawa motor ke Semarang. Namun bila saat ini ya mending gunakan angkutan umum saja lebih aman terlebih ada yang gratis ya mengapa harus naik motor bila ada angkutan yang disiapkan gratis?, ” kata Adi.

Untuk kriteria ikuti mudik gratis itu, disebutkan Benny ataupun Adi cukup gampang. Tak ada cost yang dikeluarkan sekalipun untuk turut dalam mudik gratis itu.

” Kriterianya mudah kok, kriterianya hanya nunjukin KTP, SIM, STNK tanpa ada dipungut cost. Ini pendaftaranya telah lama dari 23 Mei waktu lalu, ” kata Benny.

Nanti seputar jam 11. 00 WIB dijadwalkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan, bakal melepas beberapa pemudik di tempat.