Marc Marques Bersiap Ukir Sejarah Di MotoGP Ceko

Marc Marques Bersiap Ukir Sejarah Di MotoGP Ceko – Seri ke-10 arena balap motor berkelas MotoGP dapat berjalan di Republik Ceko pada 5 Agustus 2018 dapat merasa istimewa buat Marc Marquez. Karenanya pembalap Repsol Honda itu akan menandai balapan ke-100 di kelas utama MotoGP.

Sejak mulai tiba di kelas utama MotoGP pada 2013, Marquez udah menyatukan 40 kemenangan serta empat titel juara dunia dari 99 balapan yang udah dijalaninya. Itu adalah catatan yang begitu mengesankan, dikarenakan The Baby Alien sukses melalui prestasi beberapa legenda balap.

Ada empat pembalap yang tidak sempat merampungkan 100 balapan, yaitu Kenny Roberts (58), Mike Hailwood (59), Wayne Rainey (83), serta Barry Sheene (87). Argumen tidak ada pembalap yang raih 100 balapan ini karena ke-4 joki itu relatif dikit mengaspal di trek balap tiap-tiap musimnya.

Diluar itu, karir pembalap biasanya lebih pendek dibandingkan dengan saat ini. Selanjutnya apa yang memilah Marquez dengan pembalap yang telah menyatukan 100 balapan?

Giancomo Agostini memperoleh hak spesial dalam daftar tabel pembalap yang udah melakukan balapan ke-100. Dari tahun 1986-1972, legenda hidup asal Italia itu udah meraih kemenangan tiap-tiap balapan di kelas 500cc.

Itu memperlihatkan jika pada periode itu, tingkat seluruh mesin kompetitif di kelas paling atas relatif rendah. Ini tidak sama dengan jaman moderen seperti saat ini.

Pastinya hal tersebut akan jadi tantangan sendiri buat Marquez. Ditambah lagi dia belum pula sempat meraih kemenangan balapan lebih dari enam kali sejak mulai 2014.

Walaupun demikian, Marquez masih tetap layak buat membusungkan dada mendekati MotoGP Ceko. Dikarenakan, dia sukses mencatatkan balapan grand prix ke-100 pada umur 25 tahun serta 169 hari.

Sesaat Agostini terdaftar mendapatkan catatan itu pada 33 tahun. Dan Jorge Lorenzo serta Casey Stoner raih prestasi itu pada 26 tahun.