Madrid Siap Hadapi Juve

Madrid Siap Hadapi JuveReal Madrid untuk kali ke-2 beruntun mengambil langkah ke final Liga Champions serta bakal hadapi Juventus di pertandingan puncak musim ini di Stadion Millennium, Cardiff, 3 Juni lain kesempatan. Dapatkah Madrid mengakhiri kutukan juara bertahan.

Mulai sejak jaman Liga Champions di mulai pada 1992, belum pernah ada club yang dapat lakukan back to back. Setidaknya ada empat club yang telah mengusahakan mengerjakannya, tapi tidak berhasil.

Club pertama yang punyai kesempatan mengerjakannya merupakan AC Milan pada 1995. Berstatus sebagai juara bertahan, Milan kalah dari Ajax Amsterdam 0-1 pada pertandingan final yang berjalan di Stadion Ernst Happel, Wina.

Setahun lalu giliran Ajax yang sukses mengambil langkah ke final, tapi kalah dari Juventus lewat drama adu penalti di Stadion Olimpico, Roma. Di final 1997, Juventus sukses ke final serta kalah dari Borussia Dortmund 1-3.

Club ke empat yang punyai kesempatan untuk menjaga gelar Liga Champions merupakan Manchester United pada 2009. Setelah menaklukkan Chelsea pada final th. terlebih dahulu, MU kembali mengambil langkah ke babak final serta berjumpa Barcelona.

Namun, kutukan juara bertahan berlanjut. The Red Devils kalah 0-2 dari Barcelona pada pertandingan final di Stadion Olimpico, Roma, lewat gol Samuel Eto’o serta Lionel Messi.

Saat ini, Madrid bakal jadi club ke lima yang punyai kesempatan untuk lakukan back to back waktu hadapi Juventus di Cardiff. Musim lantas Los Blancos menaklukkan Atletico Madrid di pertandingan final.

Disamping itu club paling akhir yang dapat menjaga gelar merupakan AC Milan pada musim 1988/1989 serta 1989/1990. Saat itu persaingan masih tetap bernama Piala Champions