Gunung Api Fuego Erupsi Memakan Korban Jiwa

Gunung Api Fuego Erupsi Memakan Korban Jiwa – Gunung api Fuego di Guatemala alami erupsi sampai memuntahkan abu serta bebatuan vulkanis. Nahas, sekurang-kurangnya 25 orang tewas karena erupsi ini, yang memaksakan penutupan sesaat bandara setempat.

Seperti ditulis AFP serta Reuters, Senin (4/6/2018) , gunung api bernama Volcan de Fuego ini memuntahkan aliran lava panas selama 8 km. serta keluarkan kepulan asap juga abu pekat yang menghujani Guatemala City serta sekelilingnya.

Erupsi pada Minggu (3/6) saat setempat ini adalah erupsi ke-2 Gunung Fuego selama th. ini. Otoritas Filipina mengatakan erupsi Gunung Fuego ini jadi yang paling kasar dalam lebih dari empat dekade paling akhir.

” Jumlah korban tewas menjangkau 25 orang sampai (Minggu, 3/6) jam 21. 00 saat setempat, ” papar juru bicara Koordinator Nasional untuk Penanggulangan Bencana (CONRED) Guatemala dalam pernyataannya.

Dilaporkan ada tiga anak-anak diantara 25 korban tewas karena erupsi gunung api setinggi 3. 763 mtr. ini. Otoritas setempat mengatakan beberapa korban tewas selama ini datang dari tiga kota yaitu El Rodeo, Alotenango serta San Miguel los Lotes.

Hampir 300 orang alami luka-luka karena erupsi ini. Dengan sekitaran 3. 100 orang yang lain sangat terpaksa dievakuasi ke tempat aman.

” Yaitu sungai lava yang meluap serta beresiko pada desa El Rodeo. Ada korban tewas, terbakar serta korban tewas, ” sebut Sekjen CONRED, Sergio Cabanas.

Operasi penyelamatan pada beberapa korban erupsi ditangguhkan jam 05. 00 saat setempat, karna keadaan lapangan yang beresiko serta cuaca jelek.

Abu vulkanis yang tidak tipis memaksakan Bandara Internasional La Aurora di Guatemala City ditutup sesaat. Otoritas penerbangan sipil setempat menyebutkan beberapa pekerja masih tetap selalu bersihkan landasan bandara dari abu vulkanis, supaya bandara dapat kembali beroperasi.

Presiden Guatemala, Jimmy Morales, menyebutkan sudah mengadakan rapat dengan deretan menterinya serta memperhitungkan untuk mengambil keputusan kondisi darurat nasional. Lokasi Gunung Fuego ada 40 km. samping barat daya Guatemala City.