Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan Besar Menguncang Bumi

Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan Besar Menguncang Bumi – Gempa bumi tektonik berkekuatan 4, 8 taraf richter (SR) mengguncang Bali. Gempa ini bisa dirasa sampai di lokasi di Nusa Tenggara Barat.

Gempa berlangsung Senin (16/7/2018) sekira waktu 07. 48 WITA. Kabar yg di terima detikcom, hasil pengamatan BMKG menujukkan kalau gempabumi ini berkekuatan M=4, 8. Episenter terdapat pada kordinat 8, 89 LS serta 115, 38 BT atau pasnya pada jarak 25 km arah Barat Daya Klungkung, Bali pada kedalaman 111 km.

” Hasil pemodelan memberikan kalau gempa ini tak miliki potensi tsunami. Terhadap warga di lokasi Bali serta NTB diimbau biar terus tenang serta tak terbujuk oleh gosip yg tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, ” papar M Taufik Gunawan, Kepala Balai Besar MKG Lokasi III Denpasar dalam info tertulisnya.

Resiko gempa bumi menurut laporan warga memberikan kalau lokasi Denpasar, Nusa Dua, Kuta, Mataram, Lombok Tengah alami guncangan dalam taraf intensitas II SIG (III – IV MMI).

Apabila ditilik dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yg berlangsung adalah model gempabumi menengah efek kesibukan Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Sampai waktu 08. 11 WITA, hasil monitoring BMKG belum juga memberikan terdapatnya kesibukan gempa bumi susulan (aftershock).

Disamping itu, menurut Putu Arta, warga Denpasar utara mengakui rasakan gempa ini cukuplah kuat. Ia mengakui efek gempa ini dirinya sendiri sampai terbangun dari tidurnya.

” Keras ya (goncangan) saya sampai hingga bangun. Walaupun sebenarnya maunya saya bangun siang lantaran kan (kerja) bisa shift siang tetapi jadi dibangunin sama gempa, ” kata pria yg bekerja di restoran ini.