Banjir Di Medan Surut Perlahan-lahan Dan Warga Kembali

Banjir Di Medan Surut Perlahan-lahan Dan Warga Kembali – Banjir yang menempa beberapa daerah Medan, Sumatera Utara, perlahan-lahan surut. Sejumlah masyarakat yang menyingkir, telah mulai kembali lagi rumah.

Eksekutif Pusdalops Tubuh Penanggulangan Musibah Wilayah (BPBD) Kota Medan, Muhammad Yunus mengemukakan, keadaan tinggi muka air di Sungai Babura turun di antara 100 – 130 cm. (cm). Sesaat penurunan di Sungai Deli kurang lebih 140 cm.

“Sejumlah masyarakat telah mulai kembali lagi rumah,” kata Yunus, Sabtu (22/6/2019).

Banjir di Medan dipacu hujan lebat di daerah hulu Sungai Babura serta Sungai Deli. Mulai pagi hari air masuk rumah-rumah masyarakat.

Keseluruhannya banjir ini merendam 1.178 rumah, serta berefek pada 1.267 keluarga di lima kecamatan. Semasing Kecamatan Medan Johor, Medan Maimun, Medan Selayang, Medan Polonia serta Medan Baru.

Di Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia, yang terekses sejumlah 40 rumah yang didiami 60 keluarga. Di Kelurahan Aur, Medan Maimun, banjir merendam 232 rumah tempat tinggal 278 keluarga. Sesaat di Kelurahan Sei Mati, Medan Maimun, yang terserang banjir 702 rumah tempat tinggal 717 keluarga.

Lantas di Kelurahan Padang Bulan, Medan Baru ada 105 rumah tempat tinggal 105 keluarga yang terekses. Di Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, yang terekses sejumlah 70 rumah.