Banjir Bandang Di Aceh Tenggara Membuat Jalan Tertutup Lumpur

Banjir Bandang Di Aceh Tenggara Membuat Jalan Tertutup Lumpur – Beberapa ruas jalan di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh tertutup lumpur banjir bandang serta material longsor. Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengerahkan tiga alat berat untuk bersihkan tubuh jalan supaya bisa dilewati ingindara.

” Kami membidik sore kelak beberapa titik yang tertimbun longsor telah bisa dilewati, ” kata Kasi Logistik Bagian Kedaruratan BPBD Aceh Tenggara, Yanti, waktu dihubungi wartawan dari Banda Aceh, Rabu (12/4/2017).

Menurut dia, tim paduan telah coba bersihkan beberapa titik ruas jalan yang tertimbun longsor serta lumpur mulai sejak Selasa 11 April malam. Namun sesudah bersih, banjir susulan sekian kali menerjang. Alhasil, jalan kembali tidak bisa dilewati.

” Material longsor serta lumpur yang menutupi tubuh jalan itu yang perlu kita singkirkan, ” tuturnya.

Akibat jalan tidak bisa dilewati, BPBD Aceh Tenggara sampai saat ini belum sukses mendata keseluruhannya jumlah tempat tinggal warga yang rusak. Data sesaat 130 unit rusak kronis, 210 tempat tinggal rusak enteng serta 95 unit tempat tinggal alami rusak tengah.

Banjir yang menerjang pada jam 18. 00 WIB, Selasa (11/4) tempo hari itu menempa 11 desa di dua kecamatan. Warga sangat terpaksa mengungsi ke beberapa tempat yang dikira aman. ” Kecamatan terparah dirundung banjir bandang yakni Kecamatan Semadam. Kecamatan itu dekat dengan gunung, ” ungkap Yanti.